7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Service Handphone

Service handphone merupakan sebuah usaha dalam bidang jasa, artinya keahlian anda akan menjadi nilai jual dalam bisnis yang satu ini. Pelanggan akan membayar anda dengan senang meskipun harganya mahal sekalipun, ketika pekerjaan anda bagus dan membuat mereka puas. Faktor utama dalam bisnis dalam bidang jasa adalah "pelayanan", yah itu adalah salah satu rahasianya.


Saat ini banyak sekali orang yang bisa mereparasi handphone, mereka dengan mudah bisa memperbaiki smartphone maupun tablet yang rusak. Bahkan mereka seperti seorang teknisi profesional, padahal mereka tidak pernah sekolah dalam bidang ini sama sekali, para teknisi amatir itu belajara seara otodidak dari berbagai handphone bekas yang coba mereka perbaiki.

Saya sendiri punya langganan tukang service HP yang punya kemampuan bagus, dia selalu mengerjakan pekerjaan yang saya berikan dengan baik. Misalnya saja, saat ini saya punya HP Nokia jadul yang masih layar kuning, kalau rusak dan saya masukkan ke tempat service lain pasti ditolak karena tidak ada onderdilnya, namun di tempat teman saya, dia punya banyak onderdil HP jadul dan dia bisa memperbaiki HP saya dengan waktu yang cepat dan hasilnya luar biasa.

Sebenarnya banyak peluang sukses dari bisnis yang satu ini, karena menurut penuturan teman saya yang jadi tukang service HP, harga onderdil HP di tempat service biasanya 3x lipat dari harga aslinya, hal itu dikarenakan ada garansi kerusakan yang akan mereka gantikan jika hal itu terjadi. Ini merupakan salah satu rahasia kenapa biaya service smartphone anda mahal banget.

Bagaimana tips sukses bisnis service handphone? Mari simak ulasan berikut ini :

1. Pelayanan yang baik
Bagaimana pelanggan akan senang jika tidak anda layani dengan baik? Yang ada mereka akan menganggap bisnis anda buruk dan secara tidak langsung mereka akan membuat usaha anda negatif dengan berita-berita yang dikeluarkannya pada orang lain. Pelayanan adalah faktor utama dalam bisnis jasa, berikanlah pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan anda.

2. Pekerjaan yang tepat waktu
Biasanya pelanggan akan menanyakan waktu pengerjaan, jika anda menjawab 3 hari maka selama waktu itu usahakan pekerjaan anda selesai. Kalau lebih cepat tentu lebih baik, namun kalau lewat dari hari itu ada baiknya anda memberikan keterangan yang dapat diterima pelanggan.

3. Bertanggung jawab kepada pelanggan
Ada loh tukang service yang menerima pelanggan namun tidak mengerjakannya hanya karena tidak diberi bayaran terlebih dahulu. Hal ini sungguh menjengkelkan untuk pelanggan dan bukan tidak mungkin mereka akan marah-marah. Jadilah tukang service yang bertanggung jawab, kalau memang tidak bisa ada baiknya ditolak di depan.

4. Memiliki skil yang bisa diandalkan
Kalau mau membuka usaha service HP, ada baiknya anda benar-benar punya kapasitas sebagai seorang teknisi. Jika anda hanya tahu sedikit saja, jangan paksakan keberuntungan anda atau malah menjadi masalah di belakang nantinya.
5. Punya peralatan yang lengkap
Masih ada tukang service yang ketika mengerjakan pekerjaannya suka pinjam-pinjam peralatan, hal ini menunjukkan kekurangan teknisi tersebut, dan kalau pelanggan tahu bisa saja dia enggan kembali ke tempat anda karena hal itu.

6. Punya jaringan bisnis yang baik
Sebuah bisnis yang bagus selalu punya jaringan yang banyak, anda bisa menjalin kerja sama dengan tukang service lain, pemilik counter, pemilik toko aksesoris, dan yang lainnya. Suatu saat pastinya anda akan membutuhkan bantuan mereka kok.

7. Update dengan gadjet terbaru
Bayangkan kalau saat ini anda hanya paham dengan handphone jadul layar kuning yang populer di era 2000an, sedangkan saat ini sedang populer android dan anda tidak mengerti sama sekali. Tentu pelanggan anda pada kabur lah, karena saat ini mereka sudah pakai android atau iPhone.

Updated at: 10:53 PM