Dilema Pengguna Smartphone yang Tidak Support Jaringan 4G

Jaringan 4G adalah salah satu terobosan baru dalam dunia teknologi, dengan kecepatan yang luar biasa, jaringan ini adalah idaman bagi para pengguna internet untuk browsing, download, streaming, upload, dan lain sebagainya menggunakan ponsel pintarnya.


Vendor-vendor handphone beralih untuk membuat smartphone dan tablet yang support dengan jaringan 4g, sementara itu operator jaringan yang ada di Indonesia juga berlomba-lomba memberikan layanannya yang sangat dinantikan oleh banyak pemakainya.

Sepertinya dengan adanya jaringan 4G ini, kita lebih dimanjakan lagi dalam memakai smartphone dan kecepatan internet yang super, namun apakah anda sadar bahwa ini adalah sebuah dilema bagi kita semua yang memakai smartphone lama, jadul, dan tentu tidak support dengan jaringan 4G? Boro-boro 4G, saya masih menemukan banyak smartphone atau tablet yang hanya support dengan jaringan edge saja kok.

Ok lah ada bantuan seperti Mi-Fi dari smartfren yang membantu kita mengakses jaringan 4G ini, namun nyatanya belum semua wilayah terjangkau, dan mau tidak mau dengan harganya yang lumayan serta penambahan paket internet, maka kita akan berkata "duit lagi duit lagi".

Dengan adanya jaringan 4G, sebenarnya adalah bentuk pemaksaan untuk kita agar mengganti handphone, seperti saat awal populernya smartphone yang memaksa kita untuk meninggalkan handphone legenda (Nokia) dan beralih ke handphone yang sudah ber-android semacam Samsung dan teman-temannya. Bahkan parahnya, BB saja yang punya OS sendiri juga ikut memakai OS android agar bisa bersaing dengan tetangganya.

Teknologi terbaru seakan memaksa kita untuk menjadi orang yang tidak pernah puas, HP jadul ganti smartphone, smartphone dengan spek kecil harus ganti dengan yang besar, yang masih jelly bean dipaksa lagi minimal kitkat agar bisa main pokemon Go, dan sekarang yang masih 3G harus siap ganti lagi biar bisa merasakan kecepatan jaringan 4G, walah-walah.

Dilema yang dirasakan oleh para pengguna smartphone yang belum support dengan jaringan 4G semoga didengarkan oleh para petinggi dan penguasa teknologi agar tidak semena-mena lagi, dan saya memberikan kredit besar untuk salah satu operator terbesar di Indonesia, mereka seakan memaksa kita membeli paket internet untuk 4G, hello bung hape kita masih belum support, paketan lama jangan dihilangkan dulu!

Updated at: 9:53 PM