Banyak Yang Mengatakan Bahwa Produk Nokia Telah Kehilangan Ciri Khasnya

Nokia telah kembali bersaing dalam pangsa ponsel di era smartphone ini, bahkan bisa dibilang mereka adalah salah satu produk yang paling dinantikan di dunia ini. Setelah dianggap gagal dengan produk-produk sebelumnya kala masih ber-OS Symbian dan Windows Phone, kini Nokia merubah dirinya dan memakai OS android yang memang sedang menjadi salah satu OS terbaik di dunia ini.


Sebagai informasi tambahan, saat ini Google dengan androidnya menguasai pasar OS smartphone dengan 80% di seluruh dunia, pesaing mereka yang terkuat hanyalah iOS dari Apple.

Beberapa produk smartphone android Nokia teah diluncurkan baru-baru ini, mulai dari yang canggih, menengah, dan bahkan yang kelas bawah yaitu Nokia 3310. Nokia memang sudah punya nama besar dalam dunia ponsel, kini mereka mencoba bangkit dan mengambil tempatnya kembali di puncak penguasa.

Namun ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa, produk-produk seperti Nokia 3, 5, 6, 8, dan lainnya sudah bukan "nokia" yang dulu lagi. Hal ini mungkin saja benar dan mungkin saja tidak benar, karena nyatanya ini adalah produk HMD yang memakai nama besar Nokia dan diproduksi oleh Foxconn di India.

Pihak Nokia sendiri mengkalim bahwa mereka memproduksi ponselnya dengan tetap membawa ciri khas Nokia yang dulu kala masih diproduksi di Finlandia. Ponsel yang kuat dan tahan lama, dengan baterai super awet, dan berbagai fitur terbaru di dalamnya. Bahkan, orang-orang di dalam HMD juga adalah mantan pegawai Nokia yang dulu.

Nokia dibilang memilih mitra yang tepat dengan bekerja sama dengan Google, karena memang microsoft belum siap untuk OS smartphone yang baik dan mudah diterima. Selain itu, Nokia juga terus melakukan update sesuai dengan fitur terbaru dari android yang dikeluarkan oleh Google tiap waktunya.

Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa produk Nokia yang ada saat ini sudah kehilangan ciri khasnya, maka itu tidak benar namun tidak sepenuhnya salah. Ada perubahan besar yang harus diambil oleh pihak Nokia demi bisa bersaing dengan vendor lainnya saat ini.

Updated at: 7:33 PM