Kebiasaan Buruk saat Memakai Smartphone yang Harus Dihindari

Smartphone merupakan salah satu benda yang sepertinya sulit untuk tidak menempel di tangan kita, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi tentunya kita seakan tak bisa dilepaskan dari gadjet tersebut. Hal ini terkadang membawa dampak buruk baik pada diri kita sendiri maupun dengan ponsel pintar kita.


Terkadang masih banyak pengguna smartphone yang mengalami kerusakan pada smartphone miliknya, bukan karena kerusakan dari dalam ponsel melainkan penggunaan HP dengan buruk. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh para pengguna smartphone :
  • Membiarkan baterai sampai habis, hal ini akan membuat baterai smartphone mudah rusak
  • Mencharge sembarangan, misalnya membiarkan sampai penuh (overcharge), mencharge di laptop atau mobil dengan arus listrik yang tidak stabil, mencharge dengan charger abal-abal. Jika anda sering melakukan hal ini, maka siap-siap saja kalau tiba-tiba smartphone kamu mati.
  • Menghidupkan bluetooth, WiFi, dan aplikasi lainnya sembarangan, hal ini akan membuat umur baterai berkurang dan bisa juga smartphone kamu kemasukkan virus atau malware dari luar.
  • Membiarkan smartphone panas, misalnya saat memakai WiFi secara berkala, hal ini akan berakibat fatal terhadap baterai dan mesin di dalamnya, bisa meledak loh.
  • Menyimpan smartphone di dalam saku, akhirnya tertekuk, pecah layarnya, dan bahkan ada yang meledak juga loh.
  • Memakai tanpa henti, hmm pasti pernah nih pas lagi seneng chat sama gebetan, dari pagi sampai malam dipakai terus, kasian tuh smartphone dia juga butuh istirahat loh.
  • Memakai smartphone sambil dicharge, yang jelas umur baterai jadi pendek dan bisa berakibat korseleting juga loh.
  • Asal instal aplikasi hingga memenuhi memory, hal ini yang sering dikeluhkan pemakai ponsel amatir, mereka mengeluhkan gadjetnya lambat, padahal mereka sendiri yang memaksakan memorinya untuk menyimpan aplikasi berat.
Memakai smartphone sebenarnya sama saja dengan memakai alat elektronik lainnya, gunakanlah secukupnya, rawatlah dengan baik, dan wajarlah dalam menggunakan alat elektronik karena mereka punya masa hidup yang terbatas juga.

Hindari hal-hal buruk di atas, maka kamu akan mendapati smartphone yang awet dan tahan lama. Saya sendiri memiliki handphone yang sudah lama dan Alhamdulillah belum rusak sampai sekarang. Kadang saya miris melihat teman-teman saya yang memiliki smartphone cangih keluaran terbaru tapi baru beberapa bulan sudah rusak.

Updated at: 10:58 PM