Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Harga Handphone

Handphone tetaplah handphone, mereka adalah barang elektronik yang jika dibeli dengan harga mahal maka ketika dijual hanya bisa mendapatkan harga yang sangat murah, bukan lagi penyusutan 10-30% namun kini pengurangan harga hp sudah di atas 50% dan itu sangat merugikan bagi kalangan umum yang ingin menjual hp mereka.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi penurunan harga ponsel yang sangat ekstrim ini, namun dari beberapa yang ada, saya mencoba menuliskan garis besarnya saja. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan harga hp bekas :

Faktor bekas pakai
Sudah menjadi hukum yang umum ketika barang bekas dijual pastinya di bawah harga barunya, jangankan satu bulan, orang bekas baru 2hari saja dihitung sama dengan yang satu bulan. Penurunan harga seperti ini sulit dihindari karena memang image barang bekas tetap melekat walaupun secara kondisi masih sangat baru.

Faktor kondisi hp
Saya pernah menemui penjual hp yang mengeluhkan harga yang terlalu murah menurutnya, dia membeli hp dengan harga 2juta dan ketika dijual hanya dihargai sebesar 700ribu saja, yah saya tahu dia kecewa dengan harganya. Namun ternyata kondisi hp miliknya sudah rusak walau tidak parah, biasanya pembeli hp bekas akan memperhatikan tampilan luarnya mulai dari casing, touchscreen, baterai, dan segel, lalu mereka akan meneliti bagian softwarenya, dan ketika ada masalah maka harganya akan sangat menurun.

Faktor harga pasar
Ambil contoh saja hp cina yang beredar di pasaran, harga barunya yang mencapai 1juta memang cukup murah, namun ketika dijual hanya dihargai 200-300ribu saja, bahkan kebanyakan pembeli menolak hp bekas produksi cina, kenapa? Ternyata pasar sudah tidak terlalu menyukai hp produksi cina, mereka tahu kualitasnya dan tentu saja mereka enggan membelinya walau dengan harga murah. Untungnya kini banyak hp cina dengan kondisi yang bagus, mereka semakin mengembangkan produknya dengan mementingkan kualitas.

Faktor pembeli
Kalau anda menjual hp bekas kepada user, maka anda akan mendapatkan harga yang masih wajar, namun ketika anda menjualnya kepada penjual hp bekas, maka jangan heran ketika harganya sangat murah. Yah mereka adalah penjual yang membutuhkan keuntungan juga, maklum kalau harga yang diberikan sangat murah.

Faktor Produsen
Nama besar produsen akan membawa harga, ini nyata adanya dan anda harus memperhatikan hal yang satu ini. Coba saja anda menjual hp samsung lawas dan hp cina/lokal yang baru, sebagian pasti lebih memilih hp samsung walaupun kondisinya sudah lama. Kualitas mereka sudah teruji dan pasar tetap memperhitungkan nama besar mereka.


Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan harga hp bekas di pasaran, saran saya sih jangan gonta-ganti hp, lebih baik beli sesuai kebutuhan walau harganya lebih mahal, pergunakan dengan baik agar tidak membuat anda menyia-nyiakan uang.

Updated at: 10:09 PM