Cara Sederhana Membedakan iPhone Apple Asli & Palsu

Berawal dari pengalaman teman yang berbisnis jual-beli HP bekas dan ternyata sempat mengalami kejadian buruk dengan tertipu produk iPhone palsu (replika), hingga akhirnya rugi jutaan rupiah dan sempat down karena kejadian itu, maka kali ini saya akan mencoba memberikan tips sederhana untuk membedakan iPhone asli dan kw.

Sebenarnya bagi orang yang sudah mengetahui seluk beluk iPhone tidaklah sulit membedakan yang asli dan palsu, namun bagi yang belum pernah atau tidak tahu menahu mengenai bentuk dan rupa di dalam iPhone, maka membedakan yang asli cukup sulit. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam membedakan iPhone Apple asli dan palsu :

Periksa Keaslian dari Kondisi Fisik iPhone
iPhone yang asli menggunakan material yang sangat bagus yang dan premium (karena iPhone memang ditujukkan untuk kalangan menengah ke atas), simple saja kalau anda memegang iPhone asli pasti agak berat jika dibandingkan dengan smartphone lain yang sejenis. Tentu anda bisa merasakan bagaimana perbedaan ketika memegang dan menggunakan iPhone asli, terasa mantap dan touchscreen yang dipakai sangat responsif. Periksa juga nomor IMEI yang ada di iPhone dengan mencocokkannya dengan yang ada di dusbox atau melalui alamat ini (https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do).

Periksa Keaslian iPhone dari Kondisi Software & Aplikasi
  • Untuk membedakan keaslian iPhone Apple, bukalah App Store yang ada di ponsel, jika yang ditemukan adalah Google Play Store maka bisa dipastikan itu adalah iPhone replika yang dibuat dengan OS android.
  • Aplikasi iTunes juga bisa mendeteksi iPhone yang asli, bisa mengecek keaslian iPhone dengan iTunes, ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan.
  • Screenshot (tangkapan layar) bisa diambil oleh iPhone asli dengan menekan tombol home + lock secara bersamaan (seperti smartphone lain)
  • Ceck keaslian iPhone dengan hasil jepretan kamera, karena iPhone menggunakan kamera yang sangat bagus dan jernih, sudah pasti hasil foto atau video yang diambil bagus dan cerah, namun jika hasil foto yang diambil buram dan seakan kabur maka itu adalah iPhone replika palsu.
Membedakan iPhone Asli & Palsu dengan Memeriksa harga di pasaran
Biasanya iPhone kw dijual dengan harga yang sangat murah, dan hal itu akan membuat sebagian orang awam terpikat untuk membelinya tanpa mengetahui bahwa itu adalah iPhone yang palsu atau abal-abal,
Anda bisa mencocokkan harga yang ditawarkan penjual kepada anda dengan membaca postingan tentang spek dan harga di atas, semoga dengan informasi itu anda bisa yakin dengan keaslian iPhone yang ditawarkan, karena harga iPhone terbilang cukup tinggi di pasaran. 
Itulah cara sederhana membedakan iPhone asli dan palsu yang ada di pasaran, namun anda juga wajib berhati-hati karena para produsen iPhone replika kini sudah semakin pintar dalam menyamarkan mirip dengan yang asli.

Updated at: 11:24 PM