iPhone, Produk Apple yang Fenomenal

iPhone adalah pencetus awal dari era smartphone (ponsel pintar) yang hingga kini telah mendunia dan semakin maju pesat. Apple memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, namun sebenarnya mereka sudah menggarapnya dari tahun 2004 dengan proyek rahasia yang dikenal dengan istilah "fight club". Dalam awal peluncurannya, iPhone mampu terjual dengan jumlah sekitar 6,1 juta buah, sebuah angka yang sangat fantastis dan fenomenal untuk sebuah produk baru.

Di awal masa perancangan iPhone, sebenarnya tercetus dengan menurunnya penjualan produk mereka, yaitu iPod, sehingga membuat mereka untuk berinovasi dengan menciptakan sebuah produk canggih, dan terciptalah iPhone. Sebenarnya banyak sekali produk ternama dari Apple, sebut saja OS Macintosh atau MacOS untuk PC, ada iPod, iMac, iTune, dll. Apple adalah perusahaan yang unik menurut saya, mereka mampu bersaing dengan Microsoft selama bertahun-tahun, dan dalam dunia gadjet kini mereka bersaing dengan produsen gadjet besar seperti Samsung dengan Androidnya, mereka selalu berinovasi dalam pembuatan produknya, mandiri, dan mampu bersaing dengan baik.

Hingga kini penjualan iPhone mencapai puncak kejayaannya sejak dirilis pada tahun 2007, salah satu sumber menyebutkan bahwa penjualan iPhone adalah penjualan terbanyak dibandingkan dengan smartphone lainnya. Tentu hal ini membuat Apple mendapatkan keuntungan yang sangat besar, sebut saja perbandingan dari keuntungan yang diterima Apple pada tahun 2015 ini mencapai 74,6 miliar Dollar AS, dan sekitar 52%-nya adalah dari hasil penjualan iPhone, benar-benar fenomenal.
Salah satu hal yang membuat saya kagum dengan Apple adalah kemandirian mereka, mereka memiliki produk mereka sendiri, dengan OS mereka, dan kecanggihan unik yang mereka ciptakan, sebut saja iPhone yang berdiri sendiri dengan iOS-nya, desain unik dan perangkat keras yang mereka kembangkan sendiri, kualitas mereka terpercaya hingga saat ini, berbeda dengan produk lainnya semisal Samsung atau Sony, mereka bekerja sama dengan pihak Android untuk mempercayakan OS-nya, Nokia yang membuang Symbian dan bergabung dengan microsoft, mereka membuat Windows phone, jadi mereka tidak berdiri sendiri seperti Apple. Dari segi software, Apple juga memiliki aplikasi unik yang sedari dulu mereka banggakan, sejak persaingan dengan windows di OS komputer, kini persaingan dengan android dan windows di perangkat gadjet, mereka tetap unik dengan aplikasi mandiri yang hanya bisa didapatkan dari pihak Apple saja, lagi-lagi saya bilang fenomenal.


Updated at: 5:40 PM