Persaingan Bisnis yang Sehat

Sebuah bisnis, apapun itu pastinya memiliki persaingan, entah persaingan dengan bisnis sejenis maupun persaingan dengan bisnis lain yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kita jalankan. Tidak berbeda jauh dengan bisnis cellular ini, persaingannya sangatlah ketat mengingat banyaknya pelaku bisnis di dalamnya.

Untuk bisa berkembang maju, atau mungkin hanya bertahan agar bisnis terus jalan saja, mau tidak mau kita harus ikut dan masuk ke dalam persaingan bisnis tersebut, namun dengan semakin susahnya keadaan ekonomi saat ini, persaingan bisnis yang terjadi semakin busuk saja, banyak sekali cara curang yang digunakan dalam persaingan dengan pebisnis yang lainnnya. Nah untuk kita yang ingin bersaing secara sehat dan benar, ada beberapa tips persaingan bisnis di bawah ini yang bisa kita pakai, diantaranya adalah :

Produk

Salah satu modal utama dalam persaingan bisnis adalah kualitas dan kuantitas produk yang kita sediakan, jika kita bisa memenuhi produk yang berkualitas, maka kita selangkah lebih unggu dari pesaing yang lain.

Harga

Salah satu senjata utama dalam persaingan bisnis adalah permainan harga, sebagai contoh mudah saja bagaimana sebuah usaha baru bisa langsung dikenal, biasanya mereka memasang harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. Untuk bisnis yang sudah berjalan saya rasa tidak perlu memasang harga yang terlalu rendah, cukup pasang harga yang stabil saja.

Pemasaran

Pemasaran biasanya sangat intensiv dilakukan di masa awal memulai bisnis, namun seiring berjalannya bisnis maka pemasaran semakin meredup dan bahkan tidak melakukannya sama sekali. Kita bisa mencontoh para pelaku bisnis sukses, misalnya Telkomsel, walaupun sudah dikenal luas namun promosi yang dilakukan terus berjalan dan bahkan semakin meningkat setiap tahunnya, kenapa kita tidak menirunya?! Dengan promosi yang bertubi-tubi, maka bisnis kita akan mampu terus bersaing dengan bisnis yang lain.

Penampilan

Penampilan penjual dan penampilan counter akan menambah nilai jual dari bisnis kita, karena penampilan akan mencerminkan bisnis yang profesional dan tentu saja akan menarik pelanggan untuk mempercayakan kebutuhannya kepada seorang profesional. Pastikan bahwa counter anda lebih profesional dibandingkan counter lainnya.

Hubungan Pelanggan
Hubungan pelanggan dan penjual adalah hubungan yang saling menguntungkan, maka saya sarankan untuk kita para penjual agar bisa "berteman" dengan para pembeli, hal ini akan membawa dampak positif kepada bisnis kita. Yang sering saya temui dari pelanggan saya adalah, saat ada pelanggan baru yang datang dan bercerita bahwa sebelumnya dia sering membeli pulsa di counter tetangga, namun pelayanannya kurang baik, dan saya akhirnya mendapatkan pelanggan tersebut hanya karena saya mau berteman dengannya.

Hubungan Pesaing

Di sini saya menuliskan persaingan yang sehat, maka walaupun kita bersaing dengan counter lain namun tetaplah menjaga hubungan baik dengan mereka, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi relasi kita nantinya, jangan gengsi untuk sekedar menyapa atau silaturahim ke counter tetangga.

Pengembangan Bisnis

Bisnis yang terus berkembang akan semakin dilirik oleh pelanggan, mereka akan menganggap bahwa sebuah bisnis yang berkembang adalah bisnis yang profesional, maka untuk bisa bersaing dengan counter lain mau tidak mau kita wajib untuk terus berkembang, lengkapi produk, update produk terbaru, dan lain sebagainya yang bisa menambah nilai jual dari counter kita.

Pengamatan Pasar

Pintar-pintarlah dalam mengamati pasar agar tidak ketinggalan informasi, salah satu contohnya dengan membaca daftar hp terlaris 2015, maka kita bisa mempersiapkan jenis dan merk hp apa yang kiranya akan dicari oleh pelanggan. Jangan lupa juga dengan masalah harga di pasaran, dengan mengamatinya maka kita akan memiliki harga yang stabil dan bisa bersaing.

Itulah beberapa tips guna bersaing dengan penjual lain dengan cara yang sehat, ingatlah agar terus berjalan dengan cara yang baik, jangan melakukan hal curang karena akan membuat anda jatuh dengan sendirinya, jadilah seorang yang menanam kebaikan agar bisa memanen kebaikan pula.

Artikel selanjutnya : Daftar Handphone terlaris 2014


Updated at: 5:24 PM