Belajar dari Perjalanan Nokia

Sebelum era smartphone :

Pembeli : Handphone apa yang bagus?
Penjual : Nokia!

Setelah era smartphone :

Pembeli : Handphone apa yang bagus?
Penjual : Samsung, Iphone, Xiaomi, Sony, lenovo, dll.

Where is Nokia now?

Begitulah keadaan masa kini, dimana jaman telah berubah dan "sang raja" harus turun dari tahtanya dan digantikan oleh para penguasa baru yang lebih maju. Perusahaan yang didirikan di Finlandia pada tahun 1871 dan merajai dunia ponsel selama hampir 140 tahun, kini harus menundukkan kepala karena kalah saing dengan para pesaing barunya di era smartphone.

Menurut salah satu kabar yang saya baca di internet, kemunduran Nokia berawal dari kesalahan mereka yang tidak mau bekerja sama dengan Android, tapi mereka malah lebih memilih memakai sistem operasi Symbian yang akhirnya malah mereka buang. Nokia sempat bekerjasama dengan Microsoft dan memakainya sebagai sistem operasi ponsel pintarnya, namun sayang respon dari masyarakat kurang begitu bagus, hingga dengan semakin berkurangnya penjualan ponsel Nokia di pasaran dan menyebabkan kerugian yang terus menerus menyebabkan pada tahun 2013 akhirnya Nokia resmi diakuisisi oleh Microsoft.

Yah, begitulah hidup kadang di atas dan kadang di bawah, tak berbeda dengan keadaan dalam bisnis cellular ini, terkadang ramai dan menguntungkan namun tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami masa-masa sulit dimana untuk bisa bertahan saja adalah hal yang sangat susah. Sepertinya mau tidak mau kita harus belajar dari perjalanan Nokia, walaupun bepuluh-puluh tahun mereka menguasai dunia dengan ponselnya, kini Nokia harus merelakan pesaing mereka mengungguli dan "mengubur" Nokia secara perlahan.

Poin-poin penting dalam pelajaran dari perjalanan Nokia adalah, inovasi dan keputusan tepat, keduanya sangat berpengaruh untuk kemajuan dan perkembangan bisnis, jangan sampai gagal saing karena kurang berinovasi dan jangan kalah saing karena keputusan yang salah (Android).
 
HP Nokia saya adalah Nokia dengan layar kuning type 1110, HP pertama saya dan hingga sekarang masih saya pakai dan saya tidak berniat menjualnya dengan harga berpapun, HP ini adalah HP yang menemani perjalanan hidup saya dan HP yang memiliki kenangan yang sangat berkesan dalam hidup saya :)

Sumber gambar : Wikipedia

Updated at: 11:07 PM